Banner Iklan

Responsive Ads Here

Friday, 6 April 2018

87 Juta Pengguna Facebook Bocor, Mark Zuckerberg: Ini Kesalahan Saya

JAKARTA - Pekan ini Facebook semakin menjadi sorotan terkait dengan kebocoran data penggunanya di seluruh dunia. Pengguna di Indonesia termasuk yang menjadi korban kebocoran data tersebut. Diketahui ada sekira 1,2 persen atau sebanyak 1.096.666 pengguna Facebook Indonesia yang menjadi korban kebocoran data. Jumlah ini membuat Indonesia berada di urutan ketiga dalam kobocoran data Facebook tersebut. Mark Zuckerberg, CEO Facebook baru-baru ini seperti diberitakan ABC News mengakui kesalahan perusahaan. "Kami tidak mengambil pandangan yang cukup luas tentang apa tanggung jawab kami. Dan itu adalah kesalahan besar. Dan itu adalah kesalahanku," kata Mark.
Facebook akan mengumumkan kepada pengguna bila informasi mereka telah diberikan kepada pihak lain dengan menambahkan sebuah link pada news feed. Perusahaan juga membatasi akses untuk aplikasi pihak ketiga dan menghapus logs ponsel dan teks setelah satu tahun. Terancam 12 Tahun Penjara Atas kebocoran data pengguna Facebook ini, Menkominfo Rudiantara telah mengungkap bahwa Facebook terancam dikenakan hukuman perdata maupun pidana hingga 12 tahun penjara. "Ada sanksi administratif. Saya bisa mengeluarkan surat peringatan kepada mereka,” ujar Rudiantara pada sebuah sesi wawancara yang dilakukan oleh Bloomberg. Selain sanksi administratif, Rudiantara pun mengaku jika Facebook juga bisa mendapatkan sanksi pidana.
Tak tanggung-tanggung, Facebook pun terancam hukuman kurungan lebih dari 10 tahun dan denda miliaran rupiah. “Hukumannya bisa hingga 12 tahun penjara dan/atau denda hingga Rp12 miliar,” lanjutnya. Baca juga: Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia Bocor, Kok Bisa? Dalam sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Facebook melalui laman blog resmi mereka, CTO Facebook Mike Schroepfer mengungkapkan jika data yang telah dibobol mencapai 87 juta pengguna. Baca juga: Capai 2 Miliar, Facebook Jadi Medsos dengan Jumlah Pengguna Terbesar di Dunia Kebanyakan, korban datang dari Amerika dengan total pengguna menjadi korban sekira 70,6 juta, atau sekira 81,6 persen. Sedangkan di urutan kedua ada Filipina dengan jumlah korban mencapai 1,17 juta atau sekira 1,4 persen dari total korban. (kem)
dikutipdari : https://techno.okezone.com/read/2018/04/05/207/1882450/87-juta-pengguna-facebook-bocor-mark-zuckerberg-ini-kesalahan-saya

No comments:

Post a Comment