Banner Iklan

Responsive Ads Here

Tuesday, 6 December 2016

Kecerdasan Buatan Ini Bantu Tunanetra Pakai Microsoft Word & PowerPoint


Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini dikembangkan sedemikian rupa untuk memudahkan manusia. Microsoft menjadi salah satu perusahaan yang saat ini mengembangkan AI.
Yang menarik, perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut bakal merilis fitur baru yang memungkinkan tunanetra untuk bisa menggunakan Microsoft dan PowerPoint. Fitur bernama ‘alt-text’ tersebut memanfaatkan AI agar tunanetra dapat “melihat” dan memahami slide presentasi dan gambar di Word.
Saat membuat presentasi, seseorang akan dibantu pilihan caption yang menjelaskan presentasi dari satu slide ke slide yang lain. Hal yang sama juga terjadi saat memasukkan gambar pada dokumen Word.
Algoritme AI akan membantu menganalisis gambar sehingga ketika menyimpan file presentasi atau dokumen Word, akan ada rekamancaption-nya. Saat slide dibuka oleh tunanetra, mereka akan mendengarkan rekaman tersebut.

Fitur tersebut saat ini masih dirancang dengan jaringan saraf yang dilatih menggunakan sistem deep learning, di mana AI akan semakin baik mendeskripsikan konten visual seiring tingginya frekuensi penggunaan.

Sayangnya, fitur ini baru akan tersedia di Word dan PowerPoint bagi pengguna Office 365 pada 2017. Demikian dilaporkan The Verge, Senin (5/12/2016).

(kem)

No comments:

Post a Comment