Banner Iklan

Responsive Ads Here

Wednesday, 10 June 2015

Robot Ini Mampu Tebas Objek bak Seorang Samurai

Robot Ini Mampu Tebas Objek bak Seorang SamuraiTOKYO-Robot SamuraiTokyo - Yaskawa Electronics, perusahaan teknologi asal Jepang menciptakan robot yang memiliki kemampuan serupa dengan samurai profesional. Robot MOTOMAN-MH24 dilengkapi fitur yang mereplikasi kemampuan tangan manusia.
Dilansir Slashgear, Senin (8/6/2015), dalam sebuah video YouTube, diperlihatkan kemampuan robot canggih tersebut yang dapat menggunakan pedang katana. Robot ini diprogram untuk dapat bergerak dengan gerakan-gerakan tertentu.
Robot sebelumnya telah membaca dan menganalisis gerakan ayunan pedang yang dilancarkan oleh Isao Machii yang telah lima kali memenangkan seni iaijyutsu atau teknik menggunakan pedang katana. Kemudian, sistem merekam gerakan tersebut untuk dapat dipraktikan secara otomatis pada lengan robot.
Dalam video berdurasi empat menit 55 detik, robot dapat mengikuti gerakan Machii dalam pertunjukkan teknik-teknik mengayuh pedang. Robot ini dirancang dan diprogram untuk dapat belajar dengan cepat.
Video juga menunjukkan bahwa robot dapat memotong objek dalam gaya diagonal, horizontal maupun menebas secara beruntun untuk membuat potongan-potongan kecil.
(ahl)
 
Jurnalis: Ahmad Luthfi 

No comments:

Post a Comment