Banner Iklan

Responsive Ads Here

Saturday, 6 November 2010

CCTv Banyak Rusak, Bentuk Pemubaziran

PEKANBARU (RP) – Banyaknya kamera pengintai atau CCTv yang tidak berfungsi menjadi sorotan tajam anggota DPRD Pekanbaru. Mereka menilai kamera yang ada saat ini hanya merupakan simbol karena tidak berfungsi dengan maksimal. Selain itu pengadaannya juga terkesan mubazir karena menelan dana yang besar namun banyak yang tidak berfungsi.

‘’Jelas barang yang ada dan tidak bisa berfungsi maksimal ini kan mubazir. Kerusakannya harus segera disikapi,’’ kata Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru T Aswendi Fajri kepada Riau Pos.

Menurut informasi yang diperolehnya, kamera CCTv yang ada saat ini tidak bisa merekam. Dan ini menjadi pertanyaan besar bagi anggota dewan. ‘’Kita tahu ini (CCTv, red) gunanya untuk memantau aktivitas yang terjadi termasuk kriminalitas. Yang menjadi permasalahan, mengapa tidak berfungsi seperti yang diharapkan, ini ada apa?’’ tanya politisi Partai Demokrat ini.

Ditambahkan, untuk penganggaran kembali, DPRD tidak mau gegabah. ‘’Dengan kondisi sekarang sesegera mungkin kita akan turun ke lapangan. Artinya jika tidak efektif penggunaannya bisa saja dialihkan ke yang lain,’’ ujarnya.

Ditegaskannya, persoalan ini akan segera dibahas dengan instansi terkait. ‘’Ke depan ini harus ada program khususnya, apakah masih dianggarakan atau kita nol saja anggarannya. sebaiknya, yang ada ini wajib dipelihara sehingga program ini tetap berjalan sampai masa yang akan datang,’’ tutupnya.

Kembali Dianggarkan 2011
Sementara Kepala Dishubkominfo Kota Pekanbaru S Sayuti mengatakan pada APBD 2011, Pemko akan menganggarkan penambahan CCTv baru atau sekaligus biaya perawatannya.

Disebutkannya, CCTv yang telah rusak di antaranya di beberapa titik persimpangan, yakni simpang Jalan Kapling-Jalan Imam Munandar, Jalan Tengku Bay-Jalan Kaharuddin Nasution, Jalan Ronggowarsito-Jalan Beringin, dan Jalan Arifin Ahmad-Jalan Soekarno Hatta.

‘’Saya tidak begitu ingat CCTv di titik mana saja yang telah rusak, sebab kepala bidang yang menangani hal ini sedang tugas luar, dia yang lebih paham. Tapi setahu saya ya di persimpangan jalan yang saya sebutkan di atas tadi itu. Rencananya, penambahan CCTv dan anggaran perawatan akan dilakukan pada 2011,’’ ucap Kepala Dinas Dishubkominfo Kota Pekanbaru Sayuti kepada Riau Pos, belum lama ini.(ilo/gus)

Dikutip dari: http://riaupos.com/news/2010/11/05/cctv-banyak-rusak-bentuk-pemubaziran/

No comments:

Post a Comment