Banner Iklan

Responsive Ads Here

Monday, 23 August 2010

Dukung Kota Duri Jadi Kabupaten

Duri adalah ibukota kecamatan Mandau di Kabupaten Bengkalis, Riau. Duri berada di lajur Jalan Raya Lintas Sumatera, sekitar 120 km dari Pekanbaru dalam perjalanan menuju Medan. Duri berbatasan langsung dengan Dumai di utara, Kecamatan Pinggir di selatan, dan Kecamatan Rantau Kopar di barat. Hmm,, itu merupakan sekilas sedikit info geografis.

O iya,, Kota duri mempunyai 10 Kelurahan lho, yaitu :

Pematang Pudu
Air Jamban
Balik Alam
Batang Sarosa
Duri Barat
Duri Timur
Balai makam
Babussalam
Sebangar
Kesumbo Ampai

Pada era Orde Baru, Duri yang merupakan ibukota Kecamatan Mandau, dipisahkan dengan beberapa kelurahan di pinggiran kota, seperti Talang Mandi, Titian Antui, dan Balairaja (yang terkenal dengan Pusat Latihan Gajahnya), yang akhirnya masuk ke dalam kecamatan pemekaran, yaitu Kecamatan Pinggir. Daerah yang dikenal dengan nama Sebanga ini merupakan pusat ekonomi di pinggiran Duri, yang merupakan pintu masuk ke kota Duri dari Jalan Raya Pekanbaru-Dumai.

Duri adalah salah satu ladang minyak di Provinsi Riau. Ladang Minyak Duri telah dieksploitasi sejak tahun 50-an dan masih berproduksi oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Bersama Minas dan Dumai, Duri menyumbang sekitar 60% produksi minyak mentah Indonesia, dengan rata-rata produksi saat ini 400.000-500.000 barel per hari (Mantap Cing..).

Minyak mentah yang dihasilkan, meskipun tidak sebaik lapangan minyak Minas, merupakan salah satu minyak dengan kualitas terbaik di dunia[rujukan?], yakni Duri Crude. Pada bulan November 2006, Ladang Minyak Duri atau Duri Steam Flood Field mencapai rekor produksi 2 miliar barel sejak pertama kali dieksplorasi pada 1958. Untuk menunjang produksi ini, di Duri terdapat puluhan perusahaan kontraktor, mulai dari yang besar seperti Schlumberger, Halliburton, dan Tripatra-Fluor, hingga perusahaan kontraktor-kontraktor kecil.
Fakta sebagai penghasil minyak tidak berarti bahwa kota ini adalah kota yang makmur dan maju. Sampai saat ini kota Duri hanya terdiri dari dua jalan utama, yaitu Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Hang Tuah. Di Pokok Jengkol, Jalan Raya Dumai-Pekanbaru yang merupakan bagian dari Jalan Raya Lintas Sumatera bercabang dua. Satu menjadi Jalan Sudirman yang merupakan pusat kota lama dan satu menjadi Jalan Hang Tuah yang menjadi pusat pertumbuhan baru. Tapi sayangnya Duri hanya di beri kedudukan sebagai kecamatan, Banyak yang ingin Duri menjadi Kapubaten. Tapi sayang permintaan itu di tolak oleh pemerintah. Pembangunan Jalan terus berkembang lho di Kecamatan ini,, tapi sayangnya akses masuk ke kota ini jalannya masih terlihat lubang sana dan sini. padahal kota ini merupakan salah satu penghasil devisa negara yang lumayan besar.

Beberapa Tempat hiburan keluarga sudah mulai di bangun di duri, seperti: Ramayana, Van Hholland, CFC, dan Matos (Mandau Town Square). Banyaknya Penanam Saham di Kota ini dapat mendukung cepatnya perkembangan di kota ini. Sayang Pasokan Listrik di kota ini belum memenuhi kebutuhan masyarakatnya. katanya gan, pemerintah bakal buat jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Tapi sayangnya rencana tersebut masi rencana saja, belum ada tanda-tanda keseriusan pemerintah dalam perencanaan pembagunan Tol ini. Apalagi Ada Jalur kareta api, wahh bakal maju ni kota Riau.. Kita liat aja tetangga (Medan), Mereka sudah menata kota mereka dengan baik, berbagai macam alternatif Transportasi ada disana.

Semoga Pemerintah menimbangkan lagi hal ini, Supaya kita dapat memajukan marwah Bumi Lancang Kuning ini ke Mata Nasional, amiiin...

Created by Yoharmen Arnov

No comments:

Post a Comment