Banner Iklan

Responsive Ads Here

Tuesday, 25 August 2009

Manfaat Bangun Sahur

Di antara manfaat yang dapat dipetik untuk yang bangun diwaktu sahur yaitu :

1. Dekat dengan Allah

Orang yang membiasakan bangun diwaktu sahur, jelas orang yang dekat dengan Allah SWT. Kalau sudah dekat dengan Allah apapun yang kita usahakan akan diberi kemudahan oleh Allah SWT. Allah SWT yang langsung mengilhamkan kehati orang yang dekat dengannya apa yang harus dilakukan. Tidak ada hijab dia dengan Allah SWT, jelas orang ini akan sukses hidup didunia dan akhirat.

2. Hidup lebih awal

Orang yang membiasakan bangun diwaktu sahur dia sudah memulai hidup, sementara orang lain masih tidur. Semen padang punya motto “Kami Telah Mengerjakan Sebelum Orang Memikirkan”, motto “Ada Sejak Zaman Belanda” dan Alhamdulillah kita disini telah mengamalkannya. Kita telah mengerjakan sebelum orang lain memikirkan karena yang lain masih tidur (mana ada orang yang tidur bisa berpikir).

3. Sangat baik untuk kesehatan

Bangun diwaktu pagi dengan udara yang masih murni jelas sangat baik untuk kesehatan dan Allah SWT juga katakandalam surat Almuzamil أَشَدُّ
وَطْئًا yaitu lebih menguatkan.

Dan yang jelas dengan membiasakan bangun diwaktu sahur berarti kita telah menghindari tidur larut malam atau begadang. Mana mungkin kita mau begadang karena kita akan bangun jam 4 paginya. Tidak ada orang begadang yang sehat, kadang untuk begadang ditambah pula dengan minum kopi atau bir bagi preman yang begadang. Sedikitpun tidak mendatangkan kesehatan.

Kita lihat Nabi selalu segar dan tidak pernah sakit. Sakit beliau hanya ketika menjelang ajal, karena nabi kita melalui kehidupan yang sehat dan kalau kita contoh kehidupan sehat yang dilalui beliau, kita juga bisa sehat seperti nabi. Seperti bangun diwaktu sahur salah satu kebiasaan beliau.

4. Kebiasaan orang sholeh

Orang yang bisa bangun diwaktu sahur adalah orang pilihan karena tidak semua orang yang bisa melakukannya. Orang sholeh yang bisa melakukannya. Kalau ada yang membiasakan bangun diwaktu sahur bisa dipastikan dia orang yang baik. Dimanapun dia berada, sudah menjadi kebiasaanya baik dipesantren, dirumah, dihotel atau dimanapun dia berada maka dia akan bangun diwaktu sahur.

5. Sangat baik untuk menghafal

Orang yang bangun diwaktu sahur, apa yang dipelajarinya akan mudah memahaminya dan kalau ada yang akan dihafal maka mudah lengket dikepala. Kami sendiri merasakan betapa mudahnya menghafal ayat diwaktu sahur. Walaupun kesadaran untuk menghafal terlambat tapi ketika mau menghafal dan dilakukan diwaktu sahur maka sekarang banyak ayat yang bisa dihafal.

6. Terhindar dari begadang

Jelas orang yang membiasakan bangun diwaktu sahur tidak akan berani begadang., kalau ada urusan yang tidak selesai dikerjakan di malam hari, dia akan mengerjakan diwaktu sahur. Diwaktu sahur pikiran masih segar sehingga akan mudah menyelesaikan.
Begitu tingginya nilai waktu sahur. Marilah kita jadikan ini sebagai kebiasaan kita dimanapun kita berada.

Semoga Bermanfaat bagi ikhwah fillah d bumi Allah ini....
Selamat berpuasa.. dan selalu berbagi keceriaan dmana saja.. (halah, kaya salah satu slogan iklan ni...) ;p

No comments:

Post a Comment