Banner Iklan

Responsive Ads Here

Tuesday, 10 June 2008

Otomatisasi Lapangan Minyak

Oleh:
Ir. Noor Hidayat, MMT.
Team manager G&G and Reservoir Application Support
Upstream Technical Computing
PT Chevron Pasific Indonesia
Tinjauan Bisnis, Sosial dan Ekonomi dari perusahaan atau lingkungan bisnis terdapat berbagai macam tipe-tipe perusahaan. Tipe-tipe perusahaan itu tergantung dari komponen bisnisnya, komponen bisnis itu adalah:
1. People (Orang), manusia atau pekerja yang ada di perusahaan itu dapat memberikan identitas perusahaan itu. Dan pekerja juga sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan aktivitas perusahaan itu. Jika tidak ada pekerja yang memanajemen itu maka perusahaan itu tidak akan berkembang. Dalam sebuah perusahaan people (orang) yang didalamnya harus memiliki hal berikut ini:
· Knowledge (pengetahuan), jika tidak memiliki ilmu pengetahuan maka pekerja itu tidak akan mengerti apa yang akan dikerjakan di perusahaan itu.
· Skill (Keterampilan), ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk memajukan perusahaan itu. Karena skill dapat membuat pekerja itu menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam bekerja.
· Experience (Pengalaman), pengalaman sangat penting untuk menyesuaikan diri di dalam perusahaan yang baru. Jika kita telah berpengalaman dalam sebuah perusahaan keuangan maka pastinya kita tidak akan canggung lagi untuk menyesuaikan diri dengan perusahaan baru yang juga bergerak di bidang keuangan.
· Competency (Kemampuan), merupakan ability atau kemampuan seseorang untuk bekerja dalam kondisi apapun.
2. Process (Proses), dalam sebuah perusahaan harus memiliki proses produksi, karena setiap bisnis pasti menghasilkan sesuatu yang akan bermanfaaat bagi orang banyak. Proses ini harus memiliki:
· Input (Masukan), masukkan untuk di proses.
· Goal (target/tujuan), tujuan yang akan dicapai perusahaan.
· Task (urutan proses), hal-hal yang akan dilaksanakan dalam suatu proses.
· Execution (eksekusi), pelaksanaan dari proses tersebut.
· Monitoring (memamtau), setelah di eksekusi maka dipantau dengan baik.
· Output (Hasil), keluaran/hasil dari proses.
· Analysis (analisa), setelah hasilnya didapati maka dianalisa.
· Decision (keputusan/pilihan), pengambilan keputusan.
3. Tool (Alat), peralatan di dalam perusahaan akan menentukan lancarnya proses yang berlangsung. Jika alat-alatnya baik maka hasilnya juga akan baik. Tool memiliki hal berikut ini:
· Proper/ Appropriate, peralatan dapat digunakan dalam proses untuk tujuan perusahaan.
· Effective, peralatan dapat digunakan untuk mencapai tujuan dengan tepat guna.
· Efficient, peralatan dapat digunakan untuk mencapaui tujuan dengan efisien yang tinggi.
Perusahaan dalam lingkungan bisnis terdapat berbagai macam pihak yang berhubungan dengan perusahaan tersebut seperti; Customer (pelanggan), Supplier (Penyalur), Goverment (pemerintah), Global Community (komunitas umum), Labor Union (Serikat buruh), Financial Community (komunitas keuangan).
Mengapa harus ada otomatisasi??, karena tekanan bisnis yang semakin ketat yang mengharuskan perusahaan itu memproduksi lebih cepat. Jika memakai mesin atau robot maka hasil akan baik dan lebih cepat. “Do More With Less”, merupakan kata yang cocok untuk otomatisasi ini, karena kita diharuskan melakukan yang lebih dengan sesuatu yang kurang. Maksudnya, kita ingin menghasilkan banyak mobil dengan pekerja yang sedikit atau menghasilkan sedikit mobil dengan pekerja yang banyak. Pasti kita memilih pilihan pertama. Karena dapat menghemat biaya produksi. Otomatisasi harus dikakukan karena suatu proses itu memiliki banyak subproses dan agar proses itu lebih cepat dan efisien bagi otomatisasi merupakan pilihan yang tepat.
Dampak tenaga kerja terhadap otomatisasi adalah meningkatnya taraf keterampilan tenaga kerja itu, mengurangi pekerjaan rutin yang tidak menantang, rutinitas membuat orang bosan dan cenderung membuat kesalahan, dan memberikan kesempatan pekerjaan dengan kemampuan skill yang lebih tinggi
Dampak terhadap nilai ekonomi dari adanya otomatisasi adalah proses bisnis semakin cepat, efektif dan efisien. Dan pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan lebih akurat.
YOHARMEN ARNOV
3KB (0510117260033)
Teknik Komputer

No comments:

Post a Comment