Banner Iklan

Responsive Ads Here

Tuesday, 29 April 2008

KOMPETENSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI

Mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak saat sekarang ini. Yang lambat laun akan menyelesaikan pendidikannya dari pergururan tinggi tersebut. Sebagai mahasiswa dan mahasiswi hendaknya dapat mempersiapkan diri untuk menyonsong dunia kerja yang akan dihadapi. Kita harus bisa melihat hal apa saja yang dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga kita dapat diterima dalam dunia kerja nantinya.
Untuk memasuki dunia kerja ada beberapa aspek penting yang harus kita miliki. Diantaranya adalah komunikasi. Komunikasi merupakan hal yang sering disepelekan oleh segelintir orang. Padahal dalam dunia kerja hal ini sangat diperlukan. Dengan adanya komunikasi yang baik antara sesama pekerja, maka pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan. Namun jika seorang pekerja memiliki komunikasi yang buruk, maka ia hanya akan bisa bekerja sendiri tanpa bisa mengkomunikasikannya dengan pekerja yang lainnya.
Aspek lainnya yang diperlukan dalam dunia kerja adalah sikap. Hal ini menyangkut dengan pribadi seseorang, apakah itu sopan santun maupun kejujuran dari seorang pekerja. Sebab pekerja yang memiliki sopan santun dan kejujuran sangat dibutuhkan oleh dunia keja. Apalah artinya seorang pekerja yang cerdas, tapi tidak memiliki sopan santun dan kejujuran.
Kedua hal yang dijelaskan diatas sangat berhubungan dengan softskill seseorang. Untuk itu seorang pekerja hendaknya tidak hanya mengandalkan hardskill saja dalam pekerjaan, tapi juga diimbangi dengan softskill yang baik. Maka jika kedua skill tersebut sudah dimiliki akan lebih mudah untuk menuju ke dunia pekerjaan yang sesungguhnya.
Dalam diri seseorang hendaknya memiliki 4 kecerdasan pokok yang akan menunjangnya dalam dunia pekerjaan, hal tersebut antara lain :
  1. Kecerdasan intelektual, yang berhubungan dengan olahpikir seseorang.
  2. Kecerdasan kinestesis, yang berhubungan dengan olahraga.
  3. Kecerdasan spiritual, yang berhubungan dengan olahhati seseorang.
  4. Kecerdasan emosional dan sosial, yang berhubungan dengan olahrasa (perasaan).
Keempat hal diatas sangat menentukan kinerja seseorang dalam pekerjaan, sebab seseorang yang memiliki 4 hal diatas akan memiliki kenerja yang baik. Karena 4 hal diatas sudah berimbang antara softskill dan hardskill.
Faktor lain yang juga harus diperhatikan oleh seorang pekerja adalah HES (healthy, environtment, safety). Dalam dunia industri, hal ini sudsah menjadi suatu keharusan yang harus diketahui oleh seluruh pekerja. Sebab pekerjaan tanpa memperhatikan lingkungan dan keselamatan akan sangat merugikan. Bahkan beberapa perusahaan besar sudah menggunakan prinsip “Bekerja dengan aman, atau tidak sama sekali”. Ini berarti lebih baik tidak melakukan suatu pekerjaan yang tidak memperhatikan keselamatan. Lingkungan juga harus menjadi perhatian bagi seorang pekerja. Jangan sampai pekerjaan yang dilakukan menjadi bencana lingkungan bagi manusia.
Dari semua penjelasan diatas hendaknya menjadi perhatian bagi kita dalam upaya bergabung dalam industri atau bidang pekerjaan yang lainnya. Sehingga dengan telah mengetahui hal-hal yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, hendaknya kita dapat memepersiapkan diri dengan membekalipengetahuan tentang hal-hal tersebut. Dengan demikian kita tidak akan canggung dalam memasuki dunia pekerjaan.

Materi Kuliah Kapita Selekta oleh bapak Awan....
tgl 19 April 2008

No comments:

Post a Comment