Banner Iklan

Responsive Ads Here

Friday, 7 March 2008

NASA bebaskan Software Robotik

ImageSalah satu institusi dibawah NASA: Jet Propulsion Labs (JPL), yang merupakan bagian dari California Institute of Technology, mengumumkan pembebasan versi Beta perdana untuk software robotic CLARAty. Proyek yang didanai berkaitan dengan program "Mars Technology Program" merupakan "reusable Robotic Software" yang menyediakan antarmuka dan fungsi-fungsi robotic dasar. Kini ia dibebaskan untuk dikembangkan bersama publik dibawah naungan lisensi sumber terbuka TSPA (Technical Data & Software Publicly Available) mencakup software antara lain untuk menentukan posisi, navigasi, gerak robot dan perencanaanya.

CLARAty dibangun dengan arsitektur lapis ganda, lapis atas yang abstrak merupakan lapisan deklaratif termasuk mengatur perencanaan. Lapis dibawahnya "Layer" sebaliknya merupakan bagian prosedur yang bertanggung jawab terhadap pengaturan (kontrol), navigasi dan pengendalian hardware. Pengembang CLARAty menegaskan dalam sebuah FAQ, bahwa software ini menganut model yang berorientasi obyek, namun pemrogram yang ingin memanfaatkannya tidak perlu paham dengan struktur internal dari program tersebut melainkan cukup menggunakan API yang disediakan. Tutorial yang memudahkan pemahaman awal juga disediakan.

Platform sistem yang didukung secara nativ adalah Linux dan VxWorks untuk prosesor x86 dan PowerPC. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C++ dengan kompiler asal suit GCC. Masih dalam rencana juga nantinya untuk Microsoft Visual C++/.NET.

Saat ini tersedia 44 modul CLARAty yang terdiri dari sekitar 100.000 baris kode sumber merupakan sekitar 10 persen dari total software CLARAty yang ada dan 30 persen dari modul generik yang rencananya akan dibebaskan dimasa mendatang.


dikutip dari:
http://gudanglinux.net

No comments:

Post a Comment