Banner Iklan

Responsive Ads Here

Saturday, 19 January 2008

Processor terbaru dari Intel Corp : Penryn

Processor terbaru dari Intel Corp : Penryn

PoSt By: adipramudya | Nopember 15, 2007

INTEL CORP. benar-benar telah menunjukkan dirinya sebagai produsen microchip terbesar di dunia. Tidak mau disaingi oleh kompetitor handalnya – Advanced Micro Device Inc. (AMD) - perusahaan tersebut baru saja me-launching Prosesor baru yang diberi nama ‘Penryn”. Prosesor baru ini dirancang untuk komputer server dan PC berkinerja tinggi. Menurut Intel, Penryn merupakan prosesor berteknologi 45nm (nanometer) yang memiliki kecepatan 15% lebih baik dari prosesor berteknologi 65 nm.

Jika pada proses manufaktur chip berteknologi 65nm Intel “hanya” mampu menanam 582 juta transistor, maka dengan teknologi yang baru ini Intel berhasil menanamkan 820 juta transistor pada keping chip prosesor yang sama.

Intel juga mengklaim bahwa prosesor terbaru tersebut tidak hanya semakin cepat, tetapi juga semakin hemat daya serta penambahan material baru yang dapat mencegah kebocoran listrik pada transistor.

Selanjutnya, Intel telah menanamkan investasi sebesar USD 8 M untuk membangun pabrik baru berteknologi 45nm serta meng-upgrade pabriknya yang lama sehingga mampu menjalankan proses manufaktur chip 45nm. Prosesor tersebut diperkirakan akan dilepas ke pasar sekitar awal tahun 2008, dengan diberi merk Xeon dan Core 2 Extreme. (adi).

No comments:

Post a Comment