Banner Iklan

Responsive Ads Here

Tuesday, 23 October 2007

Enkripsi Bolwish

Kriptografi dalam sejarahnya tercatat dipergunakan secara terbatas oleh bangsa Mesir 4000 tahun lalu. Kriptografi (Cryptography) berasal dari dua kata yaitu “Crypto & graphy” yang dalam sudut bahasa “Crypto” dapat diartikan rahasia (secret) dan “graphy” dapat diartikan tulisan (writing) jadi Kriptografi (Cryptography) dapat diartikan sebagai suatu ilmu atau seni untuk mengamankan pesan agar aman dan dilakukan oleh “Cryptographer”. Orang yang melakukan enkripsi terhadap suatu pesan atau praktisi kriptogragi disebut “Cryptographer”.Sebuah pesan yang tidak disandikan atau dienkripsi disebut sebagai plaintext atau disebut juga sebagai cleartext. Sedangkan pesan yang telah disandikan dengan sebuah algoritma kriptografi disebut sebagai ciphertext.Proses untuk mengubah plaintext ke chipertext disebut encryption atau encipherment. Sedang proses mengubah chipertext ke plaintext disebut decryption atau decipherment.
Fasilitas untuk mengkonversikan sebuah plaintext ke ciphertext atau sebaliknya disebut Cryptographic system atau Cryptosystem dimana sistem tesebut terdiri dari algoritma–algorima tertentu yang tergantung pada sistem yang digunakan. Algoritma kriptografi (cryptographic algorithm) disebut cipher yang merupakan persamaan matematik yang digunakan dalam proses enkripsi dan deskripsi dimana proses tersebut diatur oleh satu atau lebih kunci kriptografi. Kunci-kunci tersebut secara umum digunakan untuk proses pengenkripsian dan pendekripsian tidak perlu identik, tergantung sistem yang digunakan.
Proses enkrisi dan deskrisi secara matematis diterangkan sebagai berikut :

EK (M) = C (Proses Enkripsi)
DK (C) = M (Proses Deskripsi)

Keterangan :

EK : Enkripsi.
DK : Deskripsi.
M : Message (Pesan sebelum dienkripsi).
C : Cipher (Pesan setelah dienkrisi).

Secara umum algoritma kriptografi diciptakan oleh orang yang berpengalaman dalam bidang keamanan data dan mungkin pernah membuka sebuah algoritma kriptografi tanpa bantuan kunci. Pelaku yang melakukan tindakan memecahkan ciphertext tanpa bantuan kunci disebut Crytpanalyst. Sedangkan Ilmu dan seni membuka (breaking) ciphertext tanpa bantuan kunci disebut Cryptanalysis.

1 comment: